Skip to main content

Kematian Sangat Dekat dengan Setiap Makhluk Hidup


Assalamu 'Alaikum Wr. Wb.

Anda pasti bertanya, kenapa saya mengatakan bahwa kematian itu adalah dekat dengan semua orang yang pasti mati (seperti manusia)

Firman Allah SWT dalam surat Yunus: 49 yang artinya

Katakanlah " aku tidak berkuasa mendatangkan kemudaratan dan tidak (pula) kemanfaatan kepada diriku, melainkan apa yang dikehendaki Allah. Tiap umat mempunyai ajal. Apabila telah datang ajal merekqa, maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukan(nya).

Ketetapan hidup dan mati manusia telah diatur oleh Allah SWT. kita tidak dapat mengetahui kapan kita akan mati kelak dan kita juga tidak dapat memilih siapa orang tua kita pada saat sebelum kita dilahirkan.
Hal yang pasti kita ketahui hanyalah "setiap yang pernah hidup, pasti akan mati" karena semua makhluk Allah tidak ada yang kekal, begitu juga kita MANUSIA.
Kita pasti akan mati, dan yang pasti akan datang (kematian) itu sangat dekat dengan kita.

Sekarang coba anda renungkan, misalnya kita sedang bepergian naik motor, sehati-hati apapun kita kalau memang Allah menghendaki ajal kita pada saat itu, kita kan mati saat itu juga. Kita tidak dapat mengundur atau memajukannya walau cuma 1 detik saja gan..

Naik mobil baja pun juga sama, naik pesawat pun juga bisa meninggal kalau memang sudah kehendak Allah.
Bahkan kita di rumahpun, kalau memang sudah kehendak yang kuasa kita juga bisa meninggal, misalnya tiba-tiba terkena nyamuk demam berdarah, atau terkena serangan jantung.

Hal itu membuktikan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT terhadap diri kita sebagai umat-Nya. Bahwa ajal itu sungguh sangat dekat dengan kita. Bahwa kita tidak bisa menentang kehendak Rabb kita. Bahwa kita ini sungguh sangt lemah dihadapan Allah.

Dan sekarang setelah kita merenung seperti itu, coba kita renungkan sudah seberapa besarkah tabungan kita untuk masa depan kita di akhirat?
Sudah pantaskah kita menghuni surga?
Atau kita harus mampir dulu ke neraka?
atau kita harus kekal di neraka kelak?

Apakah sholat kita sudah genap 5 x sehari?
Shubuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isha'

Mampukah kita melaksanakan puasa genap sebulan (bagi laki-laki sedang bagi perempuan karena ada halangan bisa diganti dengan hari di bulan lainnya)?

Apakah kita sudah zakat?

Apakah kita sudah mensucikan harta kita dengan zakat maal dengan membantu orang2 yang kesusahan?

Apakah para perempuan sudah menggunakan jilbab untuk menutup auratnya?

Apakah kita sudah menjalankan syariat yang ditetapkan islam?

Apakah kita benar-benar MUSLIM?

Ingatlah, bahwa hidup di dunia ini benar-benar hanya sebentar saja.
Hidup didunia ini hanyalah ujian bagi kita gan.

Ingatlah, betapa dahsyatnya hari kiamat kelak dan siapapun pasti akan mengalami kejadian dihari itu gan.

Dalam Surrat Al-Hajj: 1-2 Allah berfirman, yang artinya:

"Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu, sesungguhnya keguncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat).
(Ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat keguncangan itu, lalilah semua wanita yang menyusui dan gugurlah kandungan semua wanita yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak ambuk, akan tetapi azab Allah itu sangat keras".

Pada saat menjelang kiamat kelak, matahari tidak muncul-muncul, dan semua manusia mencari dimana matahari?
lalu matahari muncul dari barat. Pada saat itu semua manuasia akan menyesali ketidakpercayaan mereka akan kebesaran dan kebenaran Allah. Namun penyesalan mereka sudah terlambat. Pada saat itu bumi diguncangkan dengan seguncang-guncangnya. dan semua manusia akan mati pada saat itu lalu mereka akan dibangkitkan lagi oleh Allah.



Gan, betapa dahsyatnya hari kiamat gan. kita nanti akan dibangkitkan oleh Allah dengan segala bentuk dan rupa sesuai dengan amal kita gan.
Betapa dahsyatnya hari itu gan, sampai ibu sudah tidak memikirkan anaknya lagi, sampai ibu yang mengandung bayinya langsung keluar dari rahimnya, sampai suami lupa dengan istrinya. Yang namanya cinta sudah tidak berlaku lagi di hari kiamat gan, kecuali cinta kita kepada Allah dan Rasul-Nya.

Ini belum seberapa gan, sekarang kita lihat kedahsyatan akhirat.
Dalam hadist yang diriwayatkan oleh An Nu'man bin Basyir RA, Rasulullah SAW bersabda:
"Sesungguhnya adzab paling ringan dari epnghuni neraka pada hari kiamat adalah seseorang yang diletakkan pada kedua telapak kakinya sandal dari api neraka yang menyebabkan otaknya mendidih" (Mutafaq Alaih)

Dalam hadist ini Rasulullah menggambarkan betapa pedihnya adzab akhirat gan. Bahkan adzab yang paling ringan adalah otak kita di steam dengan api yang sangat panas...

Namun kita tidak perlu sampai ketakutan sehingga tidak melakukan kegiatan duniawi, bekerjalah tuk duniamu seakan engkau hidup selamanya, dan bekerjalah untuk akhiratmu seakan engkau akan mati esok hari. Kita masih punya kesempatan untuk merubah diri kita, asalkan kita mau dan berusaha.
Allah Maha menerima taubat manusia.
Jadi mulai sekarang, kita rubah perilaku kita. Kita minta maaf kepada orang yang pernah kita sakiti.
Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri kita, selama kita masih bisa bernafas.

Kita menjadi diri kita yang baru menuju fitrah di bulan suci Ramadhan ini.
Semoga di bulan yang penuh barokah ini kita bisa menjadi makhluk yang lebih beriman kepada Allah, kita menjadi makhluk yang berguna bagi manusia dan alam ini, dan menjadi manusia yang benar disisi Allah.

Yuuk, kita berlomba-lomba menabung untuk masuk Surga di akhirat kelak.
Yuuk kita rubah diri kita, sebelum Allah mengambil nyawa kita.

Maaf ya jika ada kalimat yang kurang berkenaan di hati.
Saya juga masih belajar islamJ.
Semoga thread ini bermanfaat bagi kita semua.
Amiin
Go go SEMANGAAAT!!!

Wassalamu 'Alaikum Wr. Wb.

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH SOAL PILIHAN GANDA JOB ORDER COSTING 2

Berilah tanda silang pada  a, b, c, d , atau  e  untuk jawaban yang dianggap paling benar pada soal berikut! 1.  Perhitungan akuntansi biaya untuk pembelian bahan baku dalam perhitungan biaya berdasarkan pesanan menggunakan sistem persediaan….. a.   periodik b.   fisik c.   perpectual d.   rata-rata e.   rata-rata tertimbang 2.  PT. Merdu Indah membeli bahan baku secara kredit $50.000, maka jurnalnya adalah….. a.  pembelian               $ 50.000 kas                            $50.000 b.  pembelian               $ 50.000 utang usaha              $ 50.000 c.  bahan baku             $ 50.000 kas                            $ 50.000 d.  bahan baku             $ 50.000 utang usaha              $ 50.000 e.  bahan baku             $ 50.000 surat berharga           $ 50.000 3.  Kartu yang berfungsi sebagai catatan persediaan perpectual dan buku besar pembantu yang mendukung akun bahan baku adalah kartu….. a.         persediaan b.        tenaga kerja

Contoh dan Latihan Soal Jurnal Umum Akuntansi Perusahaan dagang (Plus Jawaban) 2

SOAL Pada Perusahaan Dagang Daventa, selama bulan januari 20 14  terjadi transaksi-transaksi sebagai berikut. Jan 2     Membeli barang dagang seharga Rp 1.500.000,00 dengan syarat pembelian 2/15, n/30. 7      Dijual barang dagangan kepada PT Melati dengan harga Rp 300.000,00 dengan syarat pembayaran 2/10, n/30 8      Dijual tunai barang dagang dengan harga Rp 200.000,00 11   Dibayar sewa gudang Rp 50.000,00 14    Diterima kembali barang yang dijual tanggal 7 januari sebesar Rp 75.000,00 karena rusak 15   Dibeli tunai barang dagang seharga Rp 230.000,00 17    Diterima kas dari penjualan kepada PT Melati untuk pembayaran faktur tertanggal 7  J anuari  setelah dikurangi dengan potongan tunai. 18    Dibayar beban angkut Rp 30.000,00 untuk pengangkutan barang tanggal 8 januari yang lalu 20    Dijual dengan kredit barang dagang kepada Firma Husada Bandung Rp 400.000,00 dengan syarat pembayaran 3/15, n/30 22    Dibeli tunai barang dagang seharga Rp 250.000,00 23

Contoh dan Latihan Soal Jurnal Umum Akuntansi Perusahaan Jasa 2

Berikut transaksi usaha bengkel motor Mimi Mimi selama bulan Nopember 2014. Nop    1      Nona Mimi menyetor uang untuk modal usaha sebesar Rp 30.000.000 2       Dibayar sewa gedung reparasi sebesar Rp 1.000.000 untuk satu bulan 4       Dibeli perlengkapan keperluan kantor bengkel sebesar Rp 2.000.000 secara tunai 5       Dibeli meja, kursi, computer, dan almari untuk kantor sebesar Rp 5.000.000 secara tunai 6       Dibeli perlengkapan untuk reparasi mobil berupa oli, minyak rem, busi, dan lain-lain sebesar Rp 10.500.000 secara tunai 7       Dibeli dengan tunai obeng, alat dongkrak, alat-alat service dan pencuci kendaraan sebesar Rp 6.500.000 8       Diterima pendapatan service dan reparasi motor sebesar Rp 700.000 10     Diterima pendapatan service dan reparasi selama 2 hari sebesar Rp 1.300.000 11     Dibayar beban listrik bulan ini sebesar Rp 150.000 14     Diterima pendapatan service selama 4 hari sebesar Rp 2.800.000 15     Dibayar beban air sebesar Rp 1