Skip to main content

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Berbagai Metode untuk beberapa kali pertemuan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH MENENGAH ATAS ,………….…….
 

Satuan Pendidikan (Sekolah)  : ………………………..
Bidang Studi/Pokok Bahasan : Akuntansi
Sub Pokok Bahasan                : Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
Kelas/Semester                        : XI/2
Alokasi Waktu                        : 5 x 45 Menit (3 x Pertemuan)
A.  Standar Kompetensi
Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
B.  Kompetensi Dasar
Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus

C.  Indikator
Mencatat transaksi ke dalam jurnal khusus yang terdiri dari:
  1. jurnal penjualan
  2. jurnal pengeluaran kas
  3. jurnal pembelian
  4. jurnal penerimaan kas
  5. jurnal umum
D.  Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran berakhir, siswa dapat:
1.      mencatat transaksi ke dalam jurnal khusus
2.      menjelaskan pencatatan transaksi ke dalam jurnal khusus yang terdiri dari:
a.       jurnal penjualan
b.      jurnal pengeluaran kas
c.       jurnal pembelian
d.      jurnal penerimaan kas
e.       jurnal umum
E.  Materi Pembelajaran
Macam-macam jurnal khusus yang terdiri dari:
  1. jurnal penjualan
  2. jurnal pengeluaran kas
  3. jurnal pembelian
  4. jurnal penerimaan kas
  5. jurnal umum
F.  Sumber Pembelajaran
1.  S., Alam. 2004. Akuntansi untuk SMA Kelas 2. Jakarta: Penerbit Erlangga Esis.
2.  Ritonga, M. T. dan Firdaus, Yoga. 2007. Ekonomi untuk SMA Kelas XII. Jakarta: PT Phibeta Aneka Gama.
3.  E. Kieso, Donald. 2002. Akuntansi Intermediate edisi Terjemahan Jilid 1. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

PERTEMUAN 1
1.  Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan                       : Kontruktivisme
Metode                              : Cooperatif Learning
Model                                : Take and give
2. Media Pembelajaran
1.  Handout materi
2.  Kertas jawaban
3.  Kartu soal
4.  Kolom jawaban
3.  Skenario Pembelajaran
Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Model
Pendidik
Peserta Didik
Kegiatan Awal
1) Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan siswa dan mereview ulang materi yang telah disampaikan minggu lalu yaitu tentang akun-akun dalam perusahaan dagangdefinisi dan pengklasifikasian jurnal khusus
2) Guru menyampaikan materi yang akan dibahas yaitu tentang memasukkan jurnal ke dalam jurnal khusus
1)Siswa mendengarkan penjelasan guru dan menanyakan materi yang belum dimengerti



2) Siswa mendengarkan penjelasan guru

10 menit







Ceramah dan tanya jawab





Kegiatan inti
1) Guru menjelaskan tentang definisi dan pengklasifikasian jurnal khusus dengan diskusi dan tanya jawab
2) Guru menjelaskan tentang metode take and give yang akan dipakai
3) Guru memberikan tongkat kecil kepada siswa. Barang siapa yang memegang tongkat tersebut, maka dia harus menjawab soal yang diberikan oleh guru.
4) Guru menyuruh siswa yang telah menjawab untuk memberikan tongkat itu kepada temannya yang lain, sedangkan siswa yang tidak menjawab juga bisa menyerahkan tongkatnya ke temannya yang lain yang bisa menjawab, sehingga setiap siswa memiliki kesempatan untuk menjawab pertanyaan dari guru.
5) Guru memberikan skor nilai kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari guru, sedangkan siswa yang tidak bisa menjawab soal, maka siswa tersebut tidak akan mendapatkan skor
6) Guru memberikan evaluasi dan menjelaskan materi yang kurang dipahami siswa
7) Guru menyimpulkan materi yang dibahas
1) Siswa aktif dalam diskusi kelas




2) siswa memperhatikan penjelasan dari guru

3) Siswa yang telah menerima tongkat dari guru, menjawab pertanyaan dari guru tentang jurnal khusus.


4) Siswa memberikan tongkatnya kepada temannya yang lain, hingga semua temannya mendapatkan giliran menjawab pertanyaan.









5) Siswa denagn semangat menjawab pertanyaan dari guru agar bisa mendapatkan skor dari guru.





6) Siswa mendengarkan dan mencatat penjelasan guru

7) Siswa mendengarkan dengan sungguh-sungguh
30 menit





40 menit













Diskusi





Take and Give






































Kegiatan akhir
1) Guru memberikan soal pekerjaan rumah untuk siswa
2) Guru menutup pelajaran
1) Siswa mencatat soal untuk Pekerjaan Rumah
2) Siswa mendengarkan dengan sungguh-sungguh
5 menit


5 menit
Ceramah dan tanya jawab
Ceramah dan tanya jawab

4.  Penilaian
1)  Tes
2)  Non tes
a.  Sikap dan kerja sama siswa saat diskusi dan kekompakan siswa saat presentasi
b.  Keaktifan siswa saat diskusi dan presentasi
c.  Hasil presentasi masing-masing siswa
5.  Rubrik Penilaian Kemampuan dalam Mengerjakan (Kognitif)
Nama siswa           : .............................................................
Kelas/No absen     : .............................................................

Aspek Penilaian
Deskriptor
Skor

Jurnal khusus perusahaan dagang
1.      Mampu menjelaskan pencatatan transaksi ke dalam jurnal khusus dalam perusahaan dagang
2.      Ketepatan menjawab pertanyaan dari guru mengenai jurnal khusus
3.      Ketepatan dalam mengerjakan tugas


Kriteria Penilaian:
Setiap muncul deskriptor mendapatkan skor 20 dan jika deskriptor tidak muncul, maka akan mendapatkan skor 0.
Skor maksimal 3 x 20  = 60
Nilai                            = Skor perolehan x 100
                                       60
Skor maksimal             = 100
6.  Rubrik Penilaian Afektif
Nama siswa           : .............................................................
Kelas/No absen     : .............................................................
No.
Aspek Penilaian
Deskriptor
Skor
1.
Kehadiran
·         Hadir dalam setiuap pertemuan sesuai dengan jumlah jam efektif, serta datang tepat waktu

2.
Partisipasi dalam kelas
·         Antusian dalam mengerjakan semua tugas
·         Aktif bertanya dan mengemukakan pendapat

3.
Penyelesaian tugas
·         Dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan/disepakati bersama
·         Dapat melaksanakan tugas tepat waktu


Kriteria Penilaian:
Setiap muncul deskriptor mendapat skor 20 dan tidak munculnya deskriptor mendapatkan skor 0. skor maksimal adalah 0.

PERTEMUAN 2
1.  Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan                       : Kontruktivisme
Metode                              : Cooperatif Learning
Model                                : Make a Match
2. Media Pembelajaran
a.  Handout materi
b.  Kartu soal dan kantong jurnal khusus untuk memasukkan kartu soal
3.  Skenario Pembelajaran
Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Model
Pendidik
Peserta Didik
Kegiatan Awal
  Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan siswa dan mereview ulang materi yang telah disampaikan minggu lalu yaitu tentang akun-akun perusahaan dagang
Siswa mendengarkan penjelasan guru dan menanyakan materi yang belum jelas

5 menit
Ceramah dan tanya jawab
Kegiatan inti
1) Guru menjelaskan tentang model pembelajaran make a match
2) Guru memberikan kartu-kartu soal kepada setiap siswa yang berisi pertanyaan transaksi untuk dimasukkan ke dalam jurnal khusus. Setiap siswa yang memegang soal, harus mencantumkan namanya ke dalam kartu soal kemudian memasukkan kartu soal ke dalam masing-masing kantung jurnal khusus yang sesuai (kantung jurnal khusus pembelian, penjualan, penerimaan kas, pengeluaran kas, dan jurnal umum)
3) Setiap soal yang telah masuk ke dalam kantung jurnal khusus, dibahas oleh guru dan siswa yang telah memasukkan setiap kartu harus mampu membuat jurnal untuk transaksi dalam kartu soal tersebut




4) Siswa yang benar memasukkan kartu ke dalam kantung JK akan mendapatkan nilai plus dari guru. Jika masih banyak siswa yang salah memasukkan kartu dan belum mengerti, akan dijelaskan lagi tentang materi jurnal khusus
5) Guru memberikan evaluasi dan Tanya jawab, kemudian menyimpulkan materi yang dibahas
 1) Siswa memperhatikan penjelasan guru

2) Siswa menerima kartu soal dari guru kemudian menuliskan nama mereka dan menganalisis jawaban. Setelah itu, siswa memasukkan kartu soal ke dalam kantung jurnal khusus yang telah dipersiapkan oleh guru






3) Siswa mendengarkan penjelasan guru dan untuk siswa yang mengerjakan kartu yang sedang dibahas oleh guru, siswa tersebut menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
4) Siswa dengan semangat mendengarkan penjelasan guru







5) Siswa memperhatikan penjelasan guru
5 menit



10 menit




















15 menit













5 menit
Make a Match
Kegiatan akhir
1) Guru memberikan soal pekerjaan rumah untuk siswa
2) Guru menutup pelajaran
1) Siswa mencatat soal untuk Pekerjaan Rumah
2) Siswa mendengarkan dengan sungguh-sungguh
5 menit



Ceramah dan tanya jawab

4.  Penilaian
1)  Tes
2)  Non tes
a.  Sikap dan kerja sama siswa saat diskusi dan kekompakan siswa saat presentasi
b.  Keaktifan siswa saat diskusi dan presentasi
c.  Hasil presentasi masing-masing siswa
5.  Rubrik Penilaian Kemampuan dalam Mengerjakan (Kognitif)
Nama siswa           : .............................................................
Kelas/No absen     : .............................................................

Aspek Penilaian
Deskriptor
Skor


Jurnal khusus perusahaan dagang
  1. Mampu menjelaskan jurnal khusus dalam perusahaan dagang
  2. Ketepatan mencocokkan jawaban dengan kertas jawaban guru mengenai jurnal khusus
  3. Ketepatan dalam mengerjakan tugas


Kriteria Penilaian:
Setiap muncul deskriptor mendapatkan skor 20 dan jika deskriptor tidak muncul, maka akan mendapatkan skor 0.
Skor maksimal 3 x 20  = 60
Nilai                            = Skor perolehan x 100
                                       60
Skor maksimal             = 100
6.  Rubrik Penilaian Afektif
Nama siswa           : .............................................................
Kelas/No absen     : .............................................................
No.
Aspek Penilaian
Deskriptor
Skor
1.
Kehadiran
·         Hadir dalam setiuap pertemuan sesuai dengan jumlah jam efektif, serta datang tepat waktu

2.
Partisipasi dalam kelas
·         Antusian dalam mengerjakan semua tugas
·         Aktif bertanya dan mengemukakan pendapat

3.
Penyelesaian tugas
·         Dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan/disepakati bersama
·         Dapat melaksanakan tugas tepat waktu


Kriteria Penilaian:
Setiap muncul deskriptor mendapat skor 20 dan tidak munculnya deskriptor mendapatkan skor 0. skor maksimal adalah 0.
PERTEMUAN 3
1.  Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan                       : Kontruktivisme
Metode                              : Cooperatif Learning
Model                                : Ice-Breaker Games
2. Media Pembelajaran
1.  Handout materi
2.  Kartu soal
3.  Kartu jawaban
3.  Skenario Pembelajaran
Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Model
Pendidik
Peserta Didik
Kegiatan Awal
1) Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan siswa dan mereview ulang materi yang telah disampaikan minggu lalu yaitu tentang pencatatan transaksi ke dalam jurnal khusus
2) Guru menyampaikan materi yang akan dibahas
1)Siswa mendengarkan penjelasan guru dan menanyakan materi yang belum dimengerti




2) Siswa mendengarkan penjelasan guru

10 menit







Ceramah dan tanya jawab





Kegiatan inti
1) Guru menjelaskan tentang metode Ice-Breaker Games yang akan dipakai untuk mendalami materi jurnal khusus. Pemanasan dalam proses belajar jurnal khusus ini adalah pemecah situasikebekuan fikiran atau fisik siswa.

2) Guru membagi siswa menjadi dua kelompok.

3) Guru menyuruh semua siswa untuk berdiri dan bermain Ice-Breaker Games dengan cara memberikan soal kepada siswa tentang transaksi yang harus damasukkan ke dalam jurnal khusus. Barang siapa yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar, maka siswa tersebut dapat duduk terlebih dahulu.
4) Guru memberikan poin kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Untuk siswa yang kalah dalam pertandingan Ice-Breaker Games (mendapat poin paling rendah), maka akan mendapatkan hukuman dari pemenang game.
5) Setelah semua pertanyaan guru terjawab, maka guru memberikan kuis individu kepada siswa yang selanjutnya harus dikumpulkan.
6) Guru memberikan evaluasi dan menjelaskan materi yang kurang dipahami tiap tim
7) Guru menyimpulkan materi yang dibahas
1) Siswa memperhatikan penjelasan dari guru












2) Siswa menuju kelompok masing-masing yang telah dibagi oleh guru.
3)Semua siswa berdiri dan bermain Ice-Breaker Games. Siswa menjawab soal dari guru dengan semangat untuk dapat duduk dengan cepat.








4) Siswa semakin semangat menjawab pertanyaan dari guru karena mengejar poin untuk kelompoknya agar tidak kalah dalam permainan Ice-Breaker Games.





5) Tiap siswa mengerjakan kuis dari guru.





6) Siswa mendengarkan dan mencatat penjelasan guru

7) Siswa mendengarkan dengan sungguh-sungguh
5 menit














5 menit



30 menit





























30 menit














Ice-Breaker Games












Ice-Breaker Games

Ice-Breaker Games



























Ice-Breaker Games

Kegiatan akhir
1) Guru memberikan soal pekerjaan rumah untuk siswa
2) Guru menutup pelajaran
1) Siswa menerima soal untuk Pekerjaan Rumah
2) Siswa mendengarkan dengan sungguh-sungguh
5 menit


5 menit
Ceramah dan tanya jawab
Ceramah dan tanya jawab

4.  Penilaian
1)  Tes
2)  Non tes
a.  Sikap dan kerja sama siswa saat diskusi dan kekompakan siswa saat presentasi
b.  Keaktifan siswa saat diskusi dan presentasi
c.  Hasil presentasi masing-masing siswa
5.  Rubrik Penilaian Kemampuan dalam Mengerjakan (Kognitif)
Nama siswa           : .............................................................
Kelas/No absen     : .............................................................
Aspek Penilaian
Deskriptor
Skor


Jurnal khusus perusahaan dagang
  1. Mampu menjawab soal dari guru pada saat Ice-Breaker Games
  2. Mampu menjelaskan jawaban yang diutarakan
  3. Ketepatan mengerjakan kuis

Kriteria Penilaian:
Setiap muncul deskriptor mendapatkan skor 20 dan jika deskriptor tidak muncul, maka akan mendapatkan skor 0.
Skor maksimal 3 x 20  = 60
Nilai                            = Skor perolehan x 100
                                       60
Skor maksimal             = 100
6.  Rubrik Penilaian Afektif
Nama siswa           : .............................................................
Kelas/No absen     : .............................................................
No.
Aspek Penilaian
Deskriptor
Skor
1.
Kehadiran
·         Hadir dalam setiuap pertemuan sesuai dengan jumlah jam efektif, serta datang tepat waktu

2.
Partisipasi dalam kelas
·         Antusian dalam mengerjakan semua tugas
·         Aktif bertanya dan mengemukakan pendapat

3.
Penyelesaian tugas
·         Dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan/disepakati bersama
·         Dapat melaksanakan tugas tepat waktu


Kriteria Penilaian:
Setiap muncul deskriptor mendapat skor 20 dan tidak munculnya deskriptor mendapatkan skor 0. skor maksimal adalah 0.

Mengetahui,                                                                Kota, ……………
Kepala Sekolah                                                                       Guru Bidang Studi


...........................................                                                    ......................................

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH SOAL PILIHAN GANDA JOB ORDER COSTING 2

Berilah tanda silang pada  a, b, c, d , atau  e  untuk jawaban yang dianggap paling benar pada soal berikut! 1.  Perhitungan akuntansi biaya untuk pembelian bahan baku dalam perhitungan biaya berdasarkan pesanan menggunakan sistem persediaan….. a.   periodik b.   fisik c.   perpectual d.   rata-rata e.   rata-rata tertimbang 2.  PT. Merdu Indah membeli bahan baku secara kredit $50.000, maka jurnalnya adalah….. a.  pembelian               $ 50.000 kas                            $50.000 b.  pembelian               $ 50.000 utang usaha              $ 50.000 c.  bahan baku             $ 50.000 kas                            $ 50.000 d.  bahan baku             $ 50.000 utang usaha              $ 50.000 e.  bahan baku             $ 50.000 surat berharga           $ 50.000 3.  Kartu yang berfungsi sebagai catatan persediaan perpectual dan buku besar pembantu yang mendukung akun bahan baku adalah kartu….. a.         persediaan b.        tenaga kerja

Contoh dan Latihan Soal Jurnal Umum Akuntansi Perusahaan dagang (Plus Jawaban) 2

SOAL Pada Perusahaan Dagang Daventa, selama bulan januari 20 14  terjadi transaksi-transaksi sebagai berikut. Jan 2     Membeli barang dagang seharga Rp 1.500.000,00 dengan syarat pembelian 2/15, n/30. 7      Dijual barang dagangan kepada PT Melati dengan harga Rp 300.000,00 dengan syarat pembayaran 2/10, n/30 8      Dijual tunai barang dagang dengan harga Rp 200.000,00 11   Dibayar sewa gudang Rp 50.000,00 14    Diterima kembali barang yang dijual tanggal 7 januari sebesar Rp 75.000,00 karena rusak 15   Dibeli tunai barang dagang seharga Rp 230.000,00 17    Diterima kas dari penjualan kepada PT Melati untuk pembayaran faktur tertanggal 7  J anuari  setelah dikurangi dengan potongan tunai. 18    Dibayar beban angkut Rp 30.000,00 untuk pengangkutan barang tanggal 8 januari yang lalu 20    Dijual dengan kredit barang dagang kepada Firma Husada Bandung Rp 400.000,00 dengan syarat pembayaran 3/15, n/30 22    Dibeli tunai barang dagang seharga Rp 250.000,00 23

Contoh dan Latihan Soal Jurnal Umum Akuntansi Perusahaan Jasa 2

Berikut transaksi usaha bengkel motor Mimi Mimi selama bulan Nopember 2014. Nop    1      Nona Mimi menyetor uang untuk modal usaha sebesar Rp 30.000.000 2       Dibayar sewa gedung reparasi sebesar Rp 1.000.000 untuk satu bulan 4       Dibeli perlengkapan keperluan kantor bengkel sebesar Rp 2.000.000 secara tunai 5       Dibeli meja, kursi, computer, dan almari untuk kantor sebesar Rp 5.000.000 secara tunai 6       Dibeli perlengkapan untuk reparasi mobil berupa oli, minyak rem, busi, dan lain-lain sebesar Rp 10.500.000 secara tunai 7       Dibeli dengan tunai obeng, alat dongkrak, alat-alat service dan pencuci kendaraan sebesar Rp 6.500.000 8       Diterima pendapatan service dan reparasi motor sebesar Rp 700.000 10     Diterima pendapatan service dan reparasi selama 2 hari sebesar Rp 1.300.000 11     Dibayar beban listrik bulan ini sebesar Rp 150.000 14     Diterima pendapatan service selama 4 hari sebesar Rp 2.800.000 15     Dibayar beban air sebesar Rp 1