SEKOLAH MENENGAH ATAS ,………….…….
Satuan Pendidikan (Sekolah) : ………………………..
Bidang Studi/Pokok Bahasan : Akuntansi
Sub Pokok Bahasan : Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
Kelas/Semester : XI/2
Alokasi Waktu : 5 x 45 Menit (3 x Pertemuan)
A. Standar Kompetensi
Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
B. Kompetensi Dasar
Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus
Mencatat transaksi ke dalam jurnal khusus yang terdiri dari:
- jurnal penjualan
- jurnal pengeluaran kas
- jurnal pembelian
- jurnal penerimaan kas
- jurnal umum
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran berakhir, siswa dapat:
1. mencatat transaksi ke dalam jurnal khusus
2. menjelaskan pencatatan transaksi ke dalam jurnal khusus yang terdiri dari:
a. jurnal penjualan
b. jurnal pengeluaran kas
c. jurnal pembelian
d. jurnal penerimaan kas
e. jurnal umum
E. Materi Pembelajaran
Macam-macam jurnal khusus yang terdiri dari:
- jurnal penjualan
- jurnal pengeluaran kas
- jurnal pembelian
- jurnal penerimaan kas
- jurnal umum
F. Sumber Pembelajaran
1. S., Alam. 2004. Akuntansi untuk SMA Kelas 2. Jakarta: Penerbit Erlangga Esis.
2. Ritonga, M. T. dan Firdaus, Yoga. 2007. Ekonomi untuk SMA Kelas XII. Jakarta: PT Phibeta Aneka Gama.
3. E. Kieso, Donald. 2002. Akuntansi Intermediate edisi Terjemahan Jilid 1. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
PERTEMUAN 1
1. Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Kontruktivisme
Metode : Cooperatif Learning
Model : Take and give
2. Media Pembelajaran
1. Handout materi
2. Kertas jawaban
3. Kartu soal
4. Kolom jawaban
3. Skenario Pembelajaran
Tahapan Kegiatan
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Model
| |
Pendidik
|
Peserta Didik
| |||
Kegiatan Awal
|
1) Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan siswa dan mereview ulang materi yang telah disampaikan minggu lalu yaitu tentang akun-akun dalam perusahaan dagangdefinisi dan pengklasifikasian jurnal khusus
2) Guru menyampaikan materi yang akan dibahas yaitu tentang memasukkan jurnal ke dalam jurnal khusus
|
1)Siswa mendengarkan penjelasan guru dan menanyakan materi yang belum dimengerti
2) Siswa mendengarkan penjelasan guru
|
10 menit
|
Ceramah dan tanya jawab
|
Kegiatan inti
|
1) Guru menjelaskan tentang definisi dan pengklasifikasian jurnal khusus dengan diskusi dan tanya jawab
2) Guru menjelaskan tentang metode take and give yang akan dipakai
3) Guru memberikan tongkat kecil kepada siswa. Barang siapa yang memegang tongkat tersebut, maka dia harus menjawab soal yang diberikan oleh guru.
4) Guru menyuruh siswa yang telah menjawab untuk memberikan tongkat itu kepada temannya yang lain, sedangkan siswa yang tidak menjawab juga bisa menyerahkan tongkatnya ke temannya yang lain yang bisa menjawab, sehingga setiap siswa memiliki kesempatan untuk menjawab pertanyaan dari guru.
5) Guru memberikan skor nilai kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari guru, sedangkan siswa yang tidak bisa menjawab soal, maka siswa tersebut tidak akan mendapatkan skor
6) Guru memberikan evaluasi dan menjelaskan materi yang kurang dipahami siswa
7) Guru menyimpulkan materi yang dibahas
|
1) Siswa aktif dalam diskusi kelas
2) siswa memperhatikan penjelasan dari guru
3) Siswa yang telah menerima tongkat dari guru, menjawab pertanyaan dari guru tentang jurnal khusus.
4) Siswa memberikan tongkatnya kepada temannya yang lain, hingga semua temannya mendapatkan giliran menjawab pertanyaan.
5) Siswa denagn semangat menjawab pertanyaan dari guru agar bisa mendapatkan skor dari guru.
6) Siswa mendengarkan dan mencatat penjelasan guru
7) Siswa mendengarkan dengan sungguh-sungguh
|
30 menit
40 menit
|
Diskusi
Take and Give
|
Kegiatan akhir
|
1) Guru memberikan soal pekerjaan rumah untuk siswa
2) Guru menutup pelajaran
|
1) Siswa mencatat soal untuk Pekerjaan Rumah
2) Siswa mendengarkan dengan sungguh-sungguh
|
5 menit
5 menit
|
Ceramah dan tanya jawab
Ceramah dan tanya jawab
|
4. Penilaian
1) Tes
2) Non tes
a. Sikap dan kerja sama siswa saat diskusi dan kekompakan siswa saat presentasi
b. Keaktifan siswa saat diskusi dan presentasi
c. Hasil presentasi masing-masing siswa
5. Rubrik Penilaian Kemampuan dalam Mengerjakan (Kognitif)
Nama siswa : .............................................................
Kelas/No absen : .............................................................
Aspek Penilaian
|
Deskriptor
|
Skor
|
Jurnal khusus perusahaan dagang
|
1. Mampu menjelaskan pencatatan transaksi ke dalam jurnal khusus dalam perusahaan dagang
2. Ketepatan menjawab pertanyaan dari guru mengenai jurnal khusus
3. Ketepatan dalam mengerjakan tugas
|
Kriteria Penilaian:
Setiap muncul deskriptor mendapatkan skor 20 dan jika deskriptor tidak muncul, maka akan mendapatkan skor 0.
Skor maksimal 3 x 20 = 60
Nilai = Skor perolehan x 100
60
Skor maksimal = 100
6. Rubrik Penilaian Afektif
Nama siswa : .............................................................
Kelas/No absen : .............................................................
No.
|
Aspek Penilaian
|
Deskriptor
|
Skor
|
1.
|
Kehadiran
|
· Hadir dalam setiuap pertemuan sesuai dengan jumlah jam efektif, serta datang tepat waktu
| |
2.
|
Partisipasi dalam kelas
|
· Antusian dalam mengerjakan semua tugas
· Aktif bertanya dan mengemukakan pendapat
| |
3.
|
Penyelesaian tugas
|
· Dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan/disepakati bersama
· Dapat melaksanakan tugas tepat waktu
|
Kriteria Penilaian:
Setiap muncul deskriptor mendapat skor 20 dan tidak munculnya deskriptor mendapatkan skor 0. skor maksimal adalah 0.
PERTEMUAN 2
1. Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Kontruktivisme
Metode : Cooperatif Learning
Model : Make a Match
2. Media Pembelajaran
a. Handout materi
b. Kartu soal dan kantong jurnal khusus untuk memasukkan kartu soal
3. Skenario Pembelajaran
Tahapan Kegiatan
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Model
| |
Pendidik
|
Peserta Didik
| |||
Kegiatan Awal
|
Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan siswa dan mereview ulang materi yang telah disampaikan minggu lalu yaitu tentang akun-akun perusahaan dagang
|
Siswa mendengarkan penjelasan guru dan menanyakan materi yang belum jelas
|
5 menit
|
Ceramah dan tanya jawab
|
Kegiatan inti
|
1) Guru menjelaskan tentang model pembelajaran make a match
2) Guru memberikan kartu-kartu soal kepada setiap siswa yang berisi pertanyaan transaksi untuk dimasukkan ke dalam jurnal khusus. Setiap siswa yang memegang soal, harus mencantumkan namanya ke dalam kartu soal kemudian memasukkan kartu soal ke dalam masing-masing kantung jurnal khusus yang sesuai (kantung jurnal khusus pembelian, penjualan, penerimaan kas, pengeluaran kas, dan jurnal umum)
3) Setiap soal yang telah masuk ke dalam kantung jurnal khusus, dibahas oleh guru dan siswa yang telah memasukkan setiap kartu harus mampu membuat jurnal untuk transaksi dalam kartu soal tersebut
4) Siswa yang benar memasukkan kartu ke dalam kantung JK akan mendapatkan nilai plus dari guru. Jika masih banyak siswa yang salah memasukkan kartu dan belum mengerti, akan dijelaskan lagi tentang materi jurnal khusus
5) Guru memberikan evaluasi dan Tanya jawab, kemudian menyimpulkan materi yang dibahas
|
1) Siswa memperhatikan penjelasan guru
2) Siswa menerima kartu soal dari guru kemudian menuliskan nama mereka dan menganalisis jawaban. Setelah itu, siswa memasukkan kartu soal ke dalam kantung jurnal khusus yang telah dipersiapkan oleh guru
3) Siswa mendengarkan penjelasan guru dan untuk siswa yang mengerjakan kartu yang sedang dibahas oleh guru, siswa tersebut menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
4) Siswa dengan semangat mendengarkan penjelasan guru
5) Siswa memperhatikan penjelasan guru
|
5 menit
10 menit
15 menit
5 menit
|
Make a Match
|
Kegiatan akhir
|
1) Guru memberikan soal pekerjaan rumah untuk siswa
2) Guru menutup pelajaran
|
1) Siswa mencatat soal untuk Pekerjaan Rumah
2) Siswa mendengarkan dengan sungguh-sungguh
|
5 menit
|
Ceramah dan tanya jawab
|
4. Penilaian
1) Tes
2) Non tes
a. Sikap dan kerja sama siswa saat diskusi dan kekompakan siswa saat presentasi
b. Keaktifan siswa saat diskusi dan presentasi
c. Hasil presentasi masing-masing siswa
5. Rubrik Penilaian Kemampuan dalam Mengerjakan (Kognitif)
Nama siswa : .............................................................
Kelas/No absen : .............................................................
Aspek Penilaian
|
Deskriptor
|
Skor
|
Jurnal khusus perusahaan dagang
|
|
Kriteria Penilaian:
Setiap muncul deskriptor mendapatkan skor 20 dan jika deskriptor tidak muncul, maka akan mendapatkan skor 0.
Skor maksimal 3 x 20 = 60
Nilai = Skor perolehan x 100
60
Skor maksimal = 100
6. Rubrik Penilaian Afektif
Nama siswa : .............................................................
Kelas/No absen : .............................................................
No.
|
Aspek Penilaian
|
Deskriptor
|
Skor
|
1.
|
Kehadiran
|
· Hadir dalam setiuap pertemuan sesuai dengan jumlah jam efektif, serta datang tepat waktu
| |
2.
|
Partisipasi dalam kelas
|
· Antusian dalam mengerjakan semua tugas
· Aktif bertanya dan mengemukakan pendapat
| |
3.
|
Penyelesaian tugas
|
· Dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan/disepakati bersama
· Dapat melaksanakan tugas tepat waktu
|
Kriteria Penilaian:
Setiap muncul deskriptor mendapat skor 20 dan tidak munculnya deskriptor mendapatkan skor 0. skor maksimal adalah 0.
PERTEMUAN 3
1. Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Kontruktivisme
Metode : Cooperatif Learning
Model : Ice-Breaker Games
2. Media Pembelajaran
1. Handout materi
2. Kartu soal
3. Kartu jawaban
3. Skenario Pembelajaran
Tahapan Kegiatan
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Model
| |
Pendidik
|
Peserta Didik
| |||
Kegiatan Awal
|
1) Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan siswa dan mereview ulang materi yang telah disampaikan minggu lalu yaitu tentang pencatatan transaksi ke dalam jurnal khusus
2) Guru menyampaikan materi yang akan dibahas
|
1)Siswa mendengarkan penjelasan guru dan menanyakan materi yang belum dimengerti
2) Siswa mendengarkan penjelasan guru
|
10 menit
|
Ceramah dan tanya jawab
|
Kegiatan inti
|
1) Guru menjelaskan tentang metode Ice-Breaker Games yang akan dipakai untuk mendalami materi jurnal khusus. Pemanasan dalam proses belajar jurnal khusus ini adalah pemecah situasikebekuan fikiran atau fisik siswa.
2) Guru membagi siswa menjadi dua kelompok.
3) Guru menyuruh semua siswa untuk berdiri dan bermain Ice-Breaker Games dengan cara memberikan soal kepada siswa tentang transaksi yang harus damasukkan ke dalam jurnal khusus. Barang siapa yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar, maka siswa tersebut dapat duduk terlebih dahulu.
4) Guru memberikan poin kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Untuk siswa yang kalah dalam pertandingan Ice-Breaker Games (mendapat poin paling rendah), maka akan mendapatkan hukuman dari pemenang game.
5) Setelah semua pertanyaan guru terjawab, maka guru memberikan kuis individu kepada siswa yang selanjutnya harus dikumpulkan.
6) Guru memberikan evaluasi dan menjelaskan materi yang kurang dipahami tiap tim
7) Guru menyimpulkan materi yang dibahas
|
1) Siswa memperhatikan penjelasan dari guru
2) Siswa menuju kelompok masing-masing yang telah dibagi oleh guru.
3)Semua siswa berdiri dan bermain Ice-Breaker Games. Siswa menjawab soal dari guru dengan semangat untuk dapat duduk dengan cepat.
4) Siswa semakin semangat menjawab pertanyaan dari guru karena mengejar poin untuk kelompoknya agar tidak kalah dalam permainan Ice-Breaker Games.
5) Tiap siswa mengerjakan kuis dari guru.
6) Siswa mendengarkan dan mencatat penjelasan guru
7) Siswa mendengarkan dengan sungguh-sungguh
|
5 menit
5 menit
30 menit
30 menit
|
Ice-Breaker Games
Ice-Breaker Games
Ice-Breaker Games
Ice-Breaker Games
|
Kegiatan akhir
|
1) Guru memberikan soal pekerjaan rumah untuk siswa
2) Guru menutup pelajaran
|
1) Siswa menerima soal untuk Pekerjaan Rumah
2) Siswa mendengarkan dengan sungguh-sungguh
|
5 menit
5 menit
|
Ceramah dan tanya jawab
Ceramah dan tanya jawab
|
4. Penilaian
1) Tes
2) Non tes
a. Sikap dan kerja sama siswa saat diskusi dan kekompakan siswa saat presentasi
b. Keaktifan siswa saat diskusi dan presentasi
c. Hasil presentasi masing-masing siswa
5. Rubrik Penilaian Kemampuan dalam Mengerjakan (Kognitif)
Nama siswa : .............................................................
Kelas/No absen : .............................................................
Aspek Penilaian
|
Deskriptor
|
Skor
|
Jurnal khusus perusahaan dagang
|
|
Kriteria Penilaian:
Setiap muncul deskriptor mendapatkan skor 20 dan jika deskriptor tidak muncul, maka akan mendapatkan skor 0.
Skor maksimal 3 x 20 = 60
Nilai = Skor perolehan x 100
60
Skor maksimal = 100
6. Rubrik Penilaian Afektif
Nama siswa : .............................................................
Kelas/No absen : .............................................................
No.
|
Aspek Penilaian
|
Deskriptor
|
Skor
|
1.
|
Kehadiran
|
· Hadir dalam setiuap pertemuan sesuai dengan jumlah jam efektif, serta datang tepat waktu
| |
2.
|
Partisipasi dalam kelas
|
· Antusian dalam mengerjakan semua tugas
· Aktif bertanya dan mengemukakan pendapat
| |
3.
|
Penyelesaian tugas
|
· Dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan/disepakati bersama
· Dapat melaksanakan tugas tepat waktu
|
Kriteria Penilaian:
Setiap muncul deskriptor mendapat skor 20 dan tidak munculnya deskriptor mendapatkan skor 0. skor maksimal adalah 0.
Mengetahui, Kota, ……………
Kepala Sekolah Guru Bidang Studi
........................................... ......................................
Comments
Post a Comment