SEKOLAH MENENGAH ATAS …….
Satuan Pendidikan (Sekolah) : ………………………………..
Bidang Studi/Pokok Bahasan : Akuntansi
Sub Pokok Bahasan : Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
Kelas/Semester : XI/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
A. Standar Kompetensi
Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
B. Kompetensi Dasar
Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus
C. Indikator
1. Menafsirkan definisi dan ciri-ciri perusahaan dagang melalui diskusi di kelas
2. Mendiskusikan pengklasifikasian akun-akun khusus dan pada perusahaan dagang
3. Mengidentifikasi metode pencatatan barang melalui pengkajian sumber bahan
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran berakhir, siswa dapat:
1. menjelaskan definisi dan ciri-ciri perusahaan dagang
2. menjelaskan pengklasifikasian akun-akun khusus dan pada perusahaan dagang
3. menjelaskan metode pencatatan barang pada perusahaan dagang
E. Materi Pembelajaran
- Definisi dan ciri-ciri perusahaan dagang
- Akun-akun khusus pada perusahaan dagang
- Metode pencatatan pada perusahaan dagang
F. Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Kontruktivisme
Metode : Cooperatif Learning
Model : Jigsaw (Model Tim Ahli)
G. Media Pembelajaran
1. Handout materi
2. Kertas kerja
3. Kartu soal
4. Kolom jawaban
H. Sumber Pembelajaran
1. S., Alam. 2004. Akuntansi untuk SMA Kelas 2. Jakarta: Penerbit Erlangga Esis.
2. Ritonga, M. T. dan Firdaus, Yoga. 2007. Ekonomi untuk SMA Kelas XII. Jakarta: PT Phibeta Aneka Gama.
3. E. Kieso, Donald. 2002. Akuntansi Intermediate edisi Terjemahan Jilid 1. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
H. Skenario Pembelajaran
Tahapan Kegiatan
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Model
| |
Pendidik
|
Peserta Didik
| |||
Kegiatan Awal
|
1) Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan siswa dan mereview ulang materi yang telah disampaikan minggu lalu yaitu tentang pengertian dan klasifikasi perusahaan dagang
2) Guru menyampaikan meteri yang akan dibahas
|
Siswa mendengarkan penjelasan guru
|
10 menit
|
Ceramah dan tanya jawab
|
Kegiatan inti
|
1) Guru menjelaskan tentang definisi dan ciri-ciri perusahaan dagang melalui diskusi di kelas
2) Setelah mendiskusikan tentang definisi dan ciri-ciri perusahaan dagang, kemudian guru dan siswa kemudian mendiskusikan tentang materi pengklasifikasian akun-akun khusus dan pada perusahaan dagang
3) Guru menjelaskan tentang materi metode pencatatan persediaan barang dagang
4) Guru menjelaskan tentang metode jigsaw yang akan dipakai
5) Guru Mengelompokkan Siswa Ke Dalam 4 Anggota Tim
6) Guru memberikan materi, soal-soal yang berbeda tentang perusahaan dagang dengan soal yang berbeda, dan kertas untuk jawaban siswa untuk didiskusikan dan dikerjakan tiap anggota dalam tim
7) Guru memerintahkan setiap siswa dalam tim untuk membahas materi dan mengerjakan soal yang telah diberikan (guru memantau dan mengecek siswa)
8) Setelah semua soal dikerjakan oleh setiap tim, maka guru memerintahkan kepada tiap anggota dari tim membuat kelompok baru dengan anggota yang mengerjakan soal yang sama. Kemudian kelompok/tim baru itu berdiskusi dan saling menjelaskan pengetahuan mereka tentang materi dan soal yang telah mereka kerjakan di tim sebelumnya, sehingga mereka dapat menjadi tim ahli dalam salah satu subbab dalam metode pencatatan barang perusahaan dagang (Guru terus memantau siswa-siswanya)
9) Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli, maka guru memerintahkan tiap siswa untuk kembali ke kelompoknya masing-masing (kelompok awal) dan bergantian menjelaskan ke teman tim awal mereka tentang materi yang telah mereka kuasai di tim ahli (guru memantau dan mengecek keaktifan siswa)
10) Guru memerintahkan setiap tim untuk mempresentasikan hasil diskusi dan mereka masing-masing kelompok diberi waktu 5 menit (guru menilai semua siswa)
11) Guru memberikan evaluasi dan menjelaskan materi yang kurang dipahami tiap tim
12) Guru menyimpulkan materi yang dibahas
|
1) Siswa aktif dalam diskusi kelas
2) siswa mengikuti diskusi kelas
3) Siswa memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru sambil bertanya jika ada materi yang belum jelas
4) siswa memperhatikan penjelasan dari guru
5)Siswa membentuk kelompok dan menempati tempat duduk yang sesuai dengan kelompoknya
6) Siswa mendapatkan materi dan soal-soal perusahaan dagang dengan soal yang berbeda serta mendapatkan kartu jawaban
7) Tiap siswa dalam tim mengerjakan materi dan soal yang telah ditugaskan
8) Anggota dari tim yang berbeda dan telah mengerjakan soal dan materi yang sama, bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan soal dan materi mereka
9) Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang materi yang telah mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
10) Siswa mempresentasikan hasil diskusi mereka
11) Siswa mendengarkan dan mencatat penjelasan guru
12) Siswa mendengarkan dengan sungguh-sungguh
|
15 menit
15 menit
20 menit
20 menit
|
Diskusi
Diskusi
Ceramah dan diskusi
Jigsaw
|
Kegiatan akhir
|
1) Guru memberikan soal pekerjaan rumah untuk siswa
2) Guru menutup pelajaran
|
1) Siswa mencatat soal untuk Pekerejaan Rumah
2) Siswa mendengarkan dengan sungguh-sungguh
|
5 menit
5 menit
|
Ceramah dan tanya jawab
|
G. Penilaian
1. Tes
2. Non tes
a. Sikap dan kerja sama siswa saat diskusi dan kekompakan siswa saat presentasi
b. Keaktifan siswa saat diskusi dan presentasi
c. Hasil presentasi masing-masing siswa
Mengetahui, Surabaya, .....................................
Kepala Sekolah Guru Bidang Studi
………………………. ………………………
trima kasih mbk hetik...rpp nya sangat membantu tugas teknologi pembelajaran akt saya... :)
ReplyDeletesilabusnya mana?
ReplyDelete