Skip to main content

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Metode Jigsaw (Model Tim Ahli)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH MENENGAH ATAS …….
Satuan Pendidikan (Sekolah)  : ………………………………..
Bidang Studi/Pokok Bahasan : Akuntansi
Sub Pokok Bahasan                : Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
Kelas/Semester                        : XI/2
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 Menit

A.  Standar Kompetensi
Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
B.  Kompetensi Dasar
Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus
C.  Indikator
1.      Menafsirkan definisi dan ciri-ciri perusahaan dagang melalui diskusi di kelas
2.      Mendiskusikan pengklasifikasian akun-akun khusus dan pada perusahaan dagang
3.      Mengidentifikasi metode pencatatan barang melalui pengkajian sumber bahan
D.  Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran berakhir, siswa dapat:
1.      menjelaskan definisi dan ciri-ciri perusahaan dagang
2.      menjelaskan pengklasifikasian akun-akun khusus dan pada perusahaan dagang
3.      menjelaskan metode pencatatan barang pada perusahaan dagang
E.  Materi Pembelajaran
  1. Definisi dan ciri-ciri perusahaan dagang
  2. Akun-akun khusus pada perusahaan dagang
  3. Metode pencatatan pada perusahaan dagang
F.  Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan                       : Kontruktivisme
Metode                              : Cooperatif Learning
Model                                : Jigsaw (Model Tim Ahli)
G. Media Pembelajaran
1.  Handout materi
2.  Kertas kerja
3.  Kartu soal
 4.  Kolom jawaban
H.  Sumber Pembelajaran
1.  S., Alam. 2004. Akuntansi untuk SMA Kelas 2. Jakarta: Penerbit Erlangga Esis.
2.  Ritonga, M. T. dan Firdaus, Yoga. 2007. Ekonomi untuk SMA Kelas XII. Jakarta: PT Phibeta Aneka Gama.
3.  E. Kieso, Donald. 2002. Akuntansi Intermediate edisi Terjemahan Jilid 1. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

H.  Skenario Pembelajaran
Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Model
Pendidik
Peserta Didik
Kegiatan Awal
1) Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan siswa dan mereview ulang materi yang telah disampaikan minggu lalu yaitu tentang pengertian dan klasifikasi perusahaan dagang
2) Guru menyampaikan meteri yang akan dibahas
Siswa mendengarkan penjelasan guru

10 menit
Ceramah dan tanya jawab
Kegiatan inti
1) Guru menjelaskan tentang definisi dan ciri-ciri perusahaan dagang melalui diskusi di kelas
2) Setelah mendiskusikan tentang definisi dan ciri-ciri perusahaan dagang, kemudian guru dan siswa kemudian mendiskusikan tentang materi pengklasifikasian akun-akun khusus dan pada perusahaan dagang
3) Guru menjelaskan tentang materi metode pencatatan persediaan barang dagang

4) Guru menjelaskan tentang metode jigsaw yang akan dipakai
5) Guru Mengelompokkan Siswa Ke Dalam 4 Anggota Tim


6) Guru memberikan materi, soal-soal yang berbeda tentang perusahaan dagang dengan soal yang berbeda, dan kertas untuk jawaban siswa untuk didiskusikan dan dikerjakan tiap anggota dalam tim
7) Guru memerintahkan setiap siswa dalam tim untuk membahas materi dan mengerjakan soal yang telah diberikan (guru memantau dan mengecek siswa)

8) Setelah semua soal dikerjakan oleh setiap tim, maka guru memerintahkan kepada tiap anggota dari tim membuat kelompok baru dengan anggota yang mengerjakan soal yang sama. Kemudian kelompok/tim baru itu berdiskusi dan saling menjelaskan pengetahuan mereka tentang materi dan soal yang telah mereka kerjakan di tim sebelumnya, sehingga mereka dapat menjadi tim ahli dalam salah satu subbab dalam metode pencatatan barang perusahaan dagang (Guru terus memantau siswa-siswanya)
9) Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli, maka guru memerintahkan tiap siswa untuk kembali ke kelompoknya masing-masing (kelompok awal) dan bergantian menjelaskan ke teman tim awal mereka tentang materi yang telah mereka kuasai di tim ahli (guru memantau dan mengecek keaktifan siswa)
10) Guru memerintahkan setiap tim untuk mempresentasikan hasil diskusi dan mereka masing-masing kelompok diberi waktu 5 menit (guru menilai semua siswa)
11) Guru memberikan evaluasi dan menjelaskan materi yang kurang dipahami tiap tim
12) Guru menyimpulkan materi yang dibahas
1) Siswa aktif dalam diskusi kelas



2) siswa mengikuti diskusi kelas











3) Siswa memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru sambil bertanya jika ada materi yang belum jelas
4) siswa memperhatikan penjelasan dari guru
5)Siswa membentuk kelompok dan menempati tempat duduk yang sesuai dengan kelompoknya
6) Siswa mendapatkan materi dan soal-soal perusahaan dagang dengan soal yang berbeda serta mendapatkan kartu jawaban




7) Tiap siswa dalam tim mengerjakan materi dan soal yang telah ditugaskan






8) Anggota dari tim yang berbeda dan telah mengerjakan soal dan materi yang sama, bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan soal dan materi mereka


















9) Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang materi yang telah mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh



10) Siswa mempresentasikan hasil diskusi mereka







11) Siswa mendengarkan dan mencatat penjelasan guru

12) Siswa mendengarkan dengan sungguh-sungguh
15 menit




15 menit












20 menit









20 menit
Diskusi




Diskusi












Ceramah dan diskusi







Jigsaw



























Kegiatan akhir
1) Guru memberikan soal pekerjaan rumah untuk siswa
2) Guru menutup pelajaran
1) Siswa mencatat soal untuk Pekerejaan Rumah
2) Siswa mendengarkan dengan sungguh-sungguh
5 menit


5 menit
Ceramah dan tanya jawab
Ceramah dan tanya jawab

G.  Penilaian
1.  Tes
2.  Non tes
a.  Sikap dan kerja sama siswa saat diskusi dan kekompakan siswa saat presentasi
b.  Keaktifan siswa saat diskusi dan presentasi
c.  Hasil presentasi masing-masing siswa



Mengetahui,                                                                Surabaya, .....................................
Kepala Sekolah                                                                       Guru Bidang Studi

……………………….                                                          ………………………

Comments

  1. trima kasih mbk hetik...rpp nya sangat membantu tugas teknologi pembelajaran akt saya... :)

    ReplyDelete
  2. silabusnya mana?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CONTOH SOAL PILIHAN GANDA JOB ORDER COSTING 2

Berilah tanda silang pada  a, b, c, d , atau  e  untuk jawaban yang dianggap paling benar pada soal berikut! 1.  Perhitungan akuntansi biaya untuk pembelian bahan baku dalam perhitungan biaya berdasarkan pesanan menggunakan sistem persediaan….. a.   periodik b.   fisik c.   perpectual d.   rata-rata e.   rata-rata tertimbang 2.  PT. Merdu Indah membeli bahan baku secara kredit $50.000, maka jurnalnya adalah….. a.  pembelian               $ 50.000 kas                            $50.000 b.  pembelian               $ 50.000 utang usaha              $ 50.000 c.  bahan baku             $ 50.000 kas                            $ 50.000 d.  bahan baku             $ 50.000 utang usaha              $ 50.000 e.  bahan baku             $ 50.000 surat berharga           $ 50.000 3.  Kartu yang berfungsi sebagai catatan persediaan perpectual dan buku besar pembantu yang mendukung akun bahan baku adalah kartu….. a.         persediaan b.        tenaga kerja

Contoh dan Latihan Soal Jurnal Umum Akuntansi Perusahaan dagang (Plus Jawaban) 2

SOAL Pada Perusahaan Dagang Daventa, selama bulan januari 20 14  terjadi transaksi-transaksi sebagai berikut. Jan 2     Membeli barang dagang seharga Rp 1.500.000,00 dengan syarat pembelian 2/15, n/30. 7      Dijual barang dagangan kepada PT Melati dengan harga Rp 300.000,00 dengan syarat pembayaran 2/10, n/30 8      Dijual tunai barang dagang dengan harga Rp 200.000,00 11   Dibayar sewa gudang Rp 50.000,00 14    Diterima kembali barang yang dijual tanggal 7 januari sebesar Rp 75.000,00 karena rusak 15   Dibeli tunai barang dagang seharga Rp 230.000,00 17    Diterima kas dari penjualan kepada PT Melati untuk pembayaran faktur tertanggal 7  J anuari  setelah dikurangi dengan potongan tunai. 18    Dibayar beban angkut Rp 30.000,00 untuk pengangkutan barang tanggal 8 januari yang lalu 20    Dijual dengan kredit barang dagang kepada Firma Husada Bandung Rp 400.000,00 dengan syarat pembayaran 3/15, n/30 22    Dibeli tunai barang dagang seharga Rp 250.000,00 23

Contoh dan Latihan Soal Jurnal Umum Akuntansi Perusahaan Jasa 2

Berikut transaksi usaha bengkel motor Mimi Mimi selama bulan Nopember 2014. Nop    1      Nona Mimi menyetor uang untuk modal usaha sebesar Rp 30.000.000 2       Dibayar sewa gedung reparasi sebesar Rp 1.000.000 untuk satu bulan 4       Dibeli perlengkapan keperluan kantor bengkel sebesar Rp 2.000.000 secara tunai 5       Dibeli meja, kursi, computer, dan almari untuk kantor sebesar Rp 5.000.000 secara tunai 6       Dibeli perlengkapan untuk reparasi mobil berupa oli, minyak rem, busi, dan lain-lain sebesar Rp 10.500.000 secara tunai 7       Dibeli dengan tunai obeng, alat dongkrak, alat-alat service dan pencuci kendaraan sebesar Rp 6.500.000 8       Diterima pendapatan service dan reparasi motor sebesar Rp 700.000 10     Diterima pendapatan service dan reparasi selama 2 hari sebesar Rp 1.300.000 11     Dibayar beban listrik bulan ini sebesar Rp 150.000 14     Diterima pendapatan service selama 4 hari sebesar Rp 2.800.000 15     Dibayar beban air sebesar Rp 1