RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH MENENGAH ATAS …………………..
Satuan Pendidikan (Sekolah) : SMAN ……………..
Bidang Studi/Pokok Bahasan : Akuntansi
Sub Pokok Bahasan : Siklus Akuntansi Koperasi, Analisis Laporan Keuangan, dan Penerapkan Metode Kuantitatif
Kelas/Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
A. Standar Kompetensi
Kemampuan-kemampuan menerapkan siklus akuntansi koperasi, menganalisis laporan keuangan, dan menerapkan metode kuantitatif
B. Kompetensi Dasar
Kemampuan menerapkan metode kuantitatif
C. Indikator
1. Mengidentifikasi karakteristik anuitas
2. Menghitung anuitas
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran berakhir, siswa dapat:
1. menjelaskan definisi dan karakteristik anuitas
2. menjelaskan perhitungan anuitas
E. Materi Pembelajaran
1. Definisi dan karakteristik Anuitas
2. Menghitung besar anuitas
3. Rencana Angsuran dalam bentuk table
4. Anuitas dengan pembulatan
F. Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Kontruktivisme
Metode : Cooperatif Learning
Model : Think Pair and Share
G. Media Pembelajaran
1. Handout materi
2. Lembar Kerja Siswa (LKS)
G. Sumber Pembelajaran
1. S., Alam. 2001. Akuntansi untuk SMU Kelas 3. Jakarta: Penerbit Erlangga ESIS.
2. Firdaus, Yoga. 2000. Akuntansi SMU 3. Jakarta: Penerbit Erlangga.
H. Skenario Pembelajaran
Tahapan Kegiatan
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Model
| |
Pendidik
|
Peserta Didik
| |||
Kegiatan Awal
|
1) Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan siswa dan mereview ulang materi yang telah disampaikan, yaitu tentang perhitungan anuitas
2) Guru menyampaikan materi yang akan dibahas
|
1)Siswa mendengarkan penjelasan guru dan menanyakan materi yang belum dimengerti
2) Siswa mendengarkan penjelasan guru
|
10 menit
|
Ceramah dan tanya jawab
|
Kegiatan inti
|
1) Guru memberikan soal-soal latihan tentang anuitas
2) Guru meminta siswa untuk membahas dan mengerjakan soal-soal yang telah dibagikan
3) Guru meminta kepada siswa untuk berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing dalam memecahkan soal
4) Guru memimpin pleno tiap diskusi dan tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
5) Guru memberikan evaluasi dan menjelaskan materi yang kurang dipahami tiap kelompok
6) Guru menyimpulkan materi yang dibahas
|
1) Siswa menerima soal-soal latihan dari guru
2) Siswa mengerjakan soal-soal latihan dari guru
3)Siswa membentuk kelompok berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang)
4) Tiap siswa mengemukakan hasil diskusinya
5) Siswa mendengarkan dan mencatat penjelasan guru
6) Siswa mendengarkan penjelasan guru
|
70 menit
|
TPS
TPS
TPS
TPS
TPS
TPS
|
Kegiatan akhir
|
1) Guru memberikan tugas pekerjaan rumah untuk siswa
2) Guru menutup pelajaran
|
1) Siswa mencatat tugas untuk Pekerjaan Rumah
2) Siswa mendengarkan dengan sungguh-sungguh
|
5 menit
5 menit
|
Ceramah dan tanya jawab
Ceramah dan tanya jawab
|
G. Penilaian
1. Tes
2. Non tes
a. Sikap dan kerja sama siswa saat diskusi dan kekompakan siswa saat presentasi
b. Keaktifan siswa saat diskusi dan presentasi
c. Hasil presentasi masing-masing siswa
Mengetahui, Blitar, 11 Februari 2009
Kepala Sekolah Guru Bidang Studi
................................ .............................................
RUBRIK PENILAIAN
KEMAMPUAN DALAM MENGERJAKAN (KOGNITIF)
Nama siswa : .............................................................
Kelas/No absen : .............................................................
Aspek Penilaian
|
Deskriptor
|
Skor
|
Anuitas dan Metode Penyusutan Aktiva Tetap
|
1. Mampu menjelaskan anuitas dan metode penyusutan aktiva tetap
2. Ketepatan menjawab pertanyaan LKS yang dikerjakan berdua dengan temannya
3. Ketepatan dalam mengerjakan kuis
|
Kriteria Penilaian:
Setiap muncul deskriptor mendapatkan skor 20 dan jika deskriptor tidak muncul, maka akan mendapatkan skor 0.
Skor maksimal 3 x 20 = 60
Nilai = Skor perolehan x 100
60
Skor maksimal = 100
RUBRIK PENILAIAN AFEKTIF
Nama siswa : .............................................................
Kelas/No absen : .............................................................
No.
|
Aspek Penilaian
|
Deskriptor
|
Skor
|
1.
|
Kehadiran
|
· Hadir dalam setiuap pertemuan sesuai dengan jumlah jam efektif, serta datang tepat waktu
| |
2.
|
Partisipasi dalam kelas
|
· Antusian dalam mengerjakan semua tugas
· Aktif bertanya dan mengemukakan pendapat
| |
3.
|
Penyelesaian tugas
|
· Dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan/disepakati bersama
· Dapat melaksanakan tugas tepat waktu
|
Kriteria Penilaian:
Setiap muncul deskriptor mendapat skor 20 dan tidak munculnya deskriptor mendapatkan skor 0. skor maksimal adalah 0.
Comments
Post a Comment